Tuesday 11 September 2012

BAHAYA SOMBONG




AGAR TIDAK BERSIFAT SOMBONG DAN ANGKUH

Ada beberapa hal atau Panduan Imam Al-Ghazali supaya kita tidak bersifat sombong dan angkuh:

 1. Jika berjumpa dengan kanak-kanak anggaplah kanak-kanak itu lebih mulia dari pada kita, karena kanak-kanak ini belum banyak melakukan dosa dari pada kita.

 2. Apabila bertemu dengan orang tua anggaplah dia lebih mulia dari pada kita karena dia sudah lama beribadah.

 3. Jika bertemu dengan orang alim anggaplah dia lebih mulia dari pada kita karena dia lebih banyak ilmunya dan pengetahuannya.

 4. Apabila melihat orang jahil anggaplah dia lebih mulia dari pada kita karena mereka membuat dosa dalam kejahilan, sedangkan kita berbuat dosa dalam keadaan mengetahui.

 5. Jika melihat orang jahat jangan anggap kita lebih mulia karena mungkin suatu hari nanti dia akan insaf dan bertaubat atas kesalahanya.

 6. Apabila bertemu dengan orang kafir katakanlah didalam hati bahwa mungkin pada suatu hari nanti mereka akan di beri hidayah oleh Allah SWT. Dan akan memeluk agama islam , maka segala dosa mereka akan di ampuni oleh Allah SWT.
Artinya:
dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”(Q.S. Luqman:18)
Selamat Menikmati

No comments:

 
;