Monday 9 November 2015

CIREBON METROPOLITAN MENUJU SMART CITY


Metropolitan Cirebon Raya, tema diskusi yang digelar pada minggu malam (08/11) pukul 20.30 dikantor NU Kab. Cirebon. Agung Gumilar (Bappeda Kab. Cirebon) hadir sebagai pembicara diskusi tersebut. Agung menyebutkan tiga konsep yang harus diperhatikan dalam membentuk Metropolitan Cirebon Raya, yang pertama ialah luas wilayah. Cirebon mempunyai luas wilayah yang cukup memadai, wilayah tersebut mencakup 5 kabupaten/kota di sekitar cirebon yakni Kota Cirebon, Kab. Cirebon, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka dan Kab. Indramayu. Konsep yang kedua metropolitan harus mempunyai penduduk antara 1-5 juta penduduk, penduduk Cirebon dan sekitarnya lebih dari 3 juta jiwa, sudah sepantasnya Cirebon menjadi metropolitan. Konsep yang ketiga kota Metropolitan harus mempunyai Sumber Daya Manusia yang memadai. Hal inilah yang menjadi kendala bagi warga Cirebon.

Indeks produktivitas masyarakat yang masih rendah menandakan bahwa Cirebon masih minim Sumber Daya Manusia. Seluruh elemen masyarakat harus secara sadar ikut serta dalam menumbuhkan SDM, masyarakat Cirebon dewasa ini sudah mulai mengembangkan potensinya terutama dalan hal teknologi. Hampir seluruh pelajar di Cirebon mempunyai akun media sosial atau yang dikenal demgan medsos seperti facebook, twitter, instagram dan yang sejenisnya. Ada juga yang gemar membuat artikel, cerpen dan tulisan lainnya yang kemudian dipublikasikan lewat blog ataupun lewat web. 

Salah satu komunitas blog Cirebon "Blogger Cirebon" sangat aktif melakukan kegiatan baik kopdar atau sekedar mengoceh di twitter saling komen di www.rebon.org Komunitas "Blogger Cirebon" berperan aktiv dalam mewujudkan Kota Cirebon sebagai kota yang berkategori "smartcity". Adanya komunitas-komunitas yang aktif mendukung terbentuknya Metropolitan Cirebon Raya.
Komunitas blogger cirebon bekerjasama dengan smartfren membuat lomba blog 2015 dengan tema "Cirebon Menuju Smart City". Bagi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa Andromax Smartfren 4G LTE dan Voucher suit room & makan di Aston Hotel Cirebon, info lebih lanjut kunjungi www.rebon.org.

Metropolitan Cirebon Raya merupakan kota yang diinginkan oleh masyarakat Cirebon, dengan begitu Cirebon akan menjadi kota tujuan bukan hanya kota singgahan, akan banyak gedung-gedung berdiri di Kota Cirebon.

No comments:

 
;